Android 3.0 GingerBread Bocor, Perlu Spesifikasi Tinggi, Rilis Oktober

Android Froyo baru saja keluar pintu, namun perhatian sudah mulai ke versi Android berikutnya – versi 3.0 dengan kode GingerBread. Menurut info versi 3.0 ini akan memberlakukan persyaratan minimum hardware lebih ketat dan lebih tinggi, User Interface (UI) yang diperbaharui.

Android 3.0 GingerBread, kata Eldar Murtazin, edotor-in-chief dari Mobile-review.com, akan dirilis untuk perangkat high-end saja karena mengisyaratkan minimum hardware dengan CPU 1GHz dan RAM minimal 512MB kemudian layar lebih dari .,5 inci diagonal, namun begitu Android 2.1. Eclair/2.2 Froyo akan tetap ada dan ditargetkan pada spesifikasi mid-range serta ponsel low-end.

Dengan adanya versi 3.0 ini akan menyebabkan pemisahan platform Android menjadi dua. Dengan begitu banyak keluhan tentang segmentasi platform sekarang, kita tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi kemudian.

Lagi pula, Android 3.0 GingerBread akan menambahkan dukungan untuk resolusi baru – 1280×760 (hanya lebih dari 720p) untuk layar 4″ dan lebih besar (iPad memiliki layar 1024×768 4:3). Hal ini akan bermanfaat untuk tablet berbasis Android, yang baru saja mulai bermunculan.

Versi baru ini juga akan membawa masalah bagi pengembang UI pihak ketiga seperti HTC (HTC Sense), Samsung (TouchWiz), Motorola (MotoBlur) dan sisanya untuk mampu menjaga modifikasi mereka untuk cabang 2.1/2.2 dari Android.

UI baru untuk Android 3.0 GingerBread dikatakan mengambil inspirasi dari Gallery App Nexus One – feelnya, transisi dan sebagainya. Android 3.0 GingerBread diharapkan dapat dirilis pertengahan Oktober – dan kemungkinan perangkat ponsel pertama yang mendapatkannya adalah Nexus One (ponsel ini memenuhi persyaratan) kecuali nantinya justru muncul Nexus Two.

Advertisements